Wednesday, April 24, 2019

Trik Aman dan Nyaman Belanja di Shopee #BukanEndorse

Sebagai penganut paham "yang gratisan yang dipilih", belanja online khususnya di Shopee udah kayak pup buat saya, sering! Bukan karena sok kaya atau duitnya tinggal metik, belanja di Shopee udah banyak mempermudah hidup saya, baik dari segi waktu atau tenaga. Percaya juga nggak, sesepele beli kaldu bubuk sama minyak goreng aja, Shopee udah jadi andalan buat saya. Abis gimana, gratis ongkir sih! Lebay, ya?

Nah, karena udah kurang lebih setahun saya langganan di Shopee (dari berbagai seller, nggak cuma satu), saya jadi pengen share deh trik aman dan nyaman buat belanja di sini. Semoga belum basi dan banyak yang merasakan manfaatnya ya abis ini!
Btw, ilustrasi yang saya pakai ini aplikasi Shopee via handphone ya biar makin gampang!
Pertama, pastikan kamu punya m-banking dan aplikasi Shopee yang stay di HP alias nggak di-install-hapus-install-hapus melulu. M-banking punya banyak fungsi, terutama mempermudah pas transaksi karena ini gratis, nggak kemakan biaya administrasi kayak pas bayar di minimarket 24 jam. Plus, kamu jadi hemat waktu juga. Yakali, ngapain capek-capek ke ATM kalau udah percaya bahwa belanja online itu mempermudah, kan?

Punyai aplikasi Shopee yang stay terus di HP biar meminimalisir lupa email dan password. Nggak lucu kan kudu punya banyak akun dan kehilangan belanjaan di troli?

Kedua, cari barang yang kamu pengen di kolom pencarian dengan meng-klik tulisan "star seller" atau "shopee mall". Trik ini ngebantu saya banget pas bingung mau beli barang A, tapi takut penjualnya nggak amanah. Makanya, kedua fitur ini bisa jadi acuan, karena biasanya sih penjual yang udah jadi "star seller" atau masuk ke Shopee Mall banyak amanahnya. Oya, kita juga bisa claim garansi kalau transaksi lewat star seller atau Shopee Mall.


star seller atau shopee mall

Ketiga, percuma kamu belanja di star seller atau Shopee Mall kalau nggak memantau sendiri nasib paketmu. Jadi, Shopee udah baik banget ngasih fitur di mana kamu bisa ngecek status plus nomor resi paketmu. Jadi ketahuan tuh, seller mana yang lama banget pengemasan sampai pengiriman barangnya. Jangan males buat cek terus, ya!


riwayat pesanan

Keempat, manfaatkan promo gratis ongkir dan klaim voucher-nya selagi ada! Shopee nggak cuma ngasih gratis ongkir dengan minimal belanja, voucher gratis ongkir tanpa minimal belanja juga sering banget diadain, tapi jarang yang ngeh aja. Makanya, kadang ada seller yang bilang kalau gratis ongkir dengan minimal belanja, tapi ujung-ujungnya tetap bayar juga. Makanya, voucher gratis ongkir ini berguna dan menguntungkan banget!


gretongaaaan!

Kelima, jangan ragu buat chat personal ke seller kalau kamu ragu sama ketersediaan barang. Sekalian, di sini kamu bisa tahu kalau seller ini kooperatif apa nggak dengan ngelihat berapa lama dia balas chat. Oh ya, kalau kamu rajin chat setiap kali mau beli, kamu jadi terlatih buat hati-hati pas belanja online!


chat personal

Keenam, PLEASE seloin waktumu buat stalking review dari pembeli lain! Sesimpel kamu jadi bisa tahu penampakan asli barang yang bakal dibeli, pertimbanganmu untuk berani ngeluarin duit jadi makin matang. Bandingin juga "bintang' yang udah dikasih pembeli, ya. Kalau bintang 5-nya lebih banyak di banding bintang 1-nya, masih oke lah buat dibeli!


review

Ketujuh, pastikan alamatmu benar dan nomor telepon yang ada di bio merupakan identitas aktif! Nggak lucu kalau kurirnya bingung mau kirim paket ke mana, kan? Jangan sampai kamu nuntut seller atau pihak Shopee kalau barang belianmu hilang.


identitas aktif

Kedelapan, JANGAN terkecoh dengan hasil pencarian yang langsung memunculkan produk yang kamu cari! Ini penting, buat menyeleksi barang serupa tapi harganya jauh lebih murah. Lagipula, seller di Shopee kan jutaan dan nggak semua menjual barang murah, kan? Nah, thank me later kalau berhasil, ya!


bandingin deh harganya!

Kira-kira gitu ya tipsnya, buibu pakbapak! Ini yang biasa saya praktikkan dan nggak pernah kecewa sih Alhamdulilah. Oh ya, dalam sejarah belanja saya di Shopee, saya belum pernah bayar ongkir karena emang pakai voucher dan selalu lebih dari minimal belanja, muehehehehehehehe...


Semoga berguna ya tips dan trik receh ini, sobat gratisanQUWWW!

No comments:

Post a Comment